Mari belajar dengan kami di STMIK KHARISMA KARAWANG & SMAN 3 CIKAMPEK - Tresa Agustian

Senin, 16 Maret 2020

Dasar-Dasar Pemrograman Web Menggunakan HTML

Hypertext Markup Language (HTML)



Perkembangan dunia internet sekarang ini begitu sangat pesat khususnya web. Tidak hanya di Komputer atau Laptop saja, di smarphone atau di gadget semua pengguna bisa mengaksesnya dari mulai membaca berita, mencari informasi materi pelajaran, mendowload game atau bahkan update status di media sosial. Web mempuyai peranan yang sangat penting hampir setiap lini kehidupan. Di dunia pendidikan, di dunia kerja bahkan di dunia pemasaran, web sebagai ujung tombak dalam menyalurkan dan menerima informasi yang diperlukan. Dengan web informasi yang diperlukan akan didapatkan dengan sekejap.
Jika kita berbicara tentang perkembangan web tentu tidak akan ada habisnya. Maka dari itu pada kesempatan ini penulis ingin mengangkat sebuah topik tentang web tapi bukan dari sisi pengguna, melainkan dari sisi developer atau pengembang web.
Web yang selama kita lihat selama ini dibangun oleh kode-kode tertentu yang kemudian di kenal dengan nama HTML (HyperText Markup Language). Buku ini akan mencoba mengupas secara bertahap tentang bahasa HTML.
Ada beberapa software pendukung yang diperlukan untuk mengimplementasikan materi yang ada dalam buku ini, diantaranya :
  • Web browser, seperti Chrome, Firefox, Internet Explore, Opera. Fungsinya digunakan untuk menjalankan kode HTML yang kita buat.

  • Code Editor, seperti Notepad++ for windows, Bluefish for linux, Sublime Text for Mac. Fungsinya sebagai software untuk mengetikan kode HTML yang akan dibuat.

Baiklah selanjutnya kita akan mulai petualangan kita di dunia web, dan harapan penulis tentunya setelah mempelajari buku ini, anda bukan lagi sebagai pengguna web tapi sebagai pembuat web.
Selamat mengerjakan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar