Mari belajar dengan kami di STMIK KHARISMA KARAWANG & SMAN 3 CIKAMPEK - Tresa Agustian

Senin, 16 Maret 2020

Sejarah Internet


Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung.. Tujuan dari menghubungkan komputer bersama-sama, tentu saja, adalah untuk berbagi informasi. Ada banyak cara informasi dapat dikirimkan antar komputer, termasuk email, transfer file (File Transfer Protocol), dan banyak layanan yang lebih khusus yang dibangun dalam layanan Internet. Metode ini standar untuk mentransfer data atau dokumen melalui jaringan dikenal sebagai protokol. 
Internet lahir pada masa perang dingin sekitar tahun 1969 dan digunakan pertama kali untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sebuah sistem jaringan dengan menghubungkan semua komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir.
Untuk itu dibentuklah proyek bernama ARPANET yang dibuat oleh DARPA (Defense, Advanced Research Projects Agency) suatu bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, bekerja sama dengan beberapa universitas dan research fasilites. ARPANET pada awalnya sangat kecil dan hanya menghubungkan 3 buah computer di California dan 1 di Utah. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang di seluruh daerah, dan semua universitas di Negara tersebut ingin bergabung sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan ini akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet saja.
Internet mulai komersial dan berkembang sangat pesat sejak tahun 1990. Di Indonesia sendiri, Internet mulai dikenal luas sejak tahun 1995. Sebelumnya Internet sudah dikenal dikalangan akademik dan pusat-pusat riset. Layanan Internet terbuka sejak IndoInternet berdiri sebagai penyedia layanan Internet pertama di Indonesia. Kesuksesan IndoInternet ini kemudian diikuti dengan munculnya Internet Service Provider (ISP) lainnya, yang kini semakin menjamur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar