Mari belajar dengan kami di STMIK KHARISMA KARAWANG & SMAN 3 CIKAMPEK - Tresa Agustian

Senin, 16 Maret 2020

LOGIKA & ALGORITMA KOMPUTER



A. LOGIKA

Logika identik dengan masuk akal dan penalaran. Adapun penalaran adalah salah satu bentuk pemikiran. Definisi logika sangat sederhana, yaitu ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berpikir logis menurut aturan yang berlaku. Logika dapat diartikan sebagai ilmu yang mengajarkan cara berpikir untuk melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu. 

Dasar penalaran dalam logika ada dua, yaitu deduktif dan induktif


1. Penalaran Deduktif


Penalaran deduktif kadang disebut logika deduktif, adalah penalaran yang membangun atau mengevaluasi argumen deduktif. Argumen dinyatakan deduktif jika kebenaran dari kesimpulan ditarik atau merupakan konsekuensi logis dari premis-premisnya. Argumen deduktif dinyatakan valid atau tidak valid, bukan benar atau salah. Sebuah argumen deduktif dinyatakan valid jika dan hanya jika kesimpulannya merupakan konsekuensi logis dari premis-premisnya. Atau bisa dikatakan penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus.

Contoh :
1. Setiap Mamalia punya sebuah jantung
2. Semua Kuda adalah mamalia
3. Setiap Kuda punya sebuah jantung

2. Penalaran Induktif

Penalaran induktif, kadang disebut logika induktif adalah penalaran yang berangkat dari serangkaian fakta-fakta khusus untuk mencapai kesimpulan umum. Atau bisa dikatakan penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus ke umum.

Contoh :

1. Kuda Sumba punya sebuah Jantung
2. Kuda Australia punya sebuah jantung
3. Kuda Amerika punya sebuaa jantung
4. Kuda Inggris punya sebuah Jantung 
5. Setiap Kuda punya sebuah Jantung

 

B. ALGORITMA

Adapun pengertian algoritma sangat lekat dengan kata logika, yaitu kemampuan seorang manusia untuk berpikir dengan akal tentang suatu permasalahan menghasilkan sebuah kebenaran, dibuktikan dan dapat diterima akal.
Tujuan algoritma adalah memberikan petunjuk tentang langkah-langkah logika penyelesaian masalah dalam bentuk yang mudah dipahami nalar manusia sebagai acuan yang membantu dalam mengembangkan program komputer.
Algoritma dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu dalam bentuk tulisan/bahasa dan dalam bentuk gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan haruslah menggunakan bahasa yang dapat dimengerti manusia dalam menyajikan langkah-langkah algoritma. 


Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan juga dapat dilakukan menggunakan pseudocode. Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti “mirip atau menyerupai” dan code yag berarti “kode program”. Contoh bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyatakan pseudocode adalah BASIC, Pascal, C dan lain-lain. Sedangkan penyajian algoritma dalam bentuk gambar sering disebut flow chart.
Suatu algoritma terdiri atas tiga stuktur dasar, yaitu runtutan, pemilihan dan pengulangan. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstruksi suatu algoritma.
1. Runtutan (Sequence)

Sebuah runtutan (sequence) terdiri atas satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yakni sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dikerjakan. Urutan dari instruksi menentukan hasil akhir dari suatu algoritma. Jika urutan penulisan berubah, mungkin hasil akhirnya berubah.
Contoh runtutan aksi algoritma penukaran dua bilangan bulat, sebagai berikut : 
  • Deklarasi A, B dan C sebagai bilangan bulat
  • Masukkan nilai A dan B
  • Masukkan nilai A ke dalam C
  • Masukkan nilai B ke dalam A
  • Masukkan nilai C ke dalam B
2. Pemilihan (Selection)

Pemilihan (selection) adalah instruksi yang dikerjakan dengan kondisi teretentu. Adapun kondisi adalah persyaratan yang dapat bernilai benar atau salah. Satu atau beberapa instruksi hanya dilaksanakan jika kondisi bernilai benar, sebaliknya jika salah maka instruksi tidak akan dilaksanakan.
Contoh kasus pemilihan yaitu dalam penentuan hasil ujian, apakah Lulus atau Remidial, dengan asumsi nilai KKM 70.

  • Masukkan nilai ujian
  • Jika nilai ujian lebih besar dari atau sama dengan 70, maka kerjakan langkah 
  • Tampilkan "Lulus" ke layar
  • Jika nilai ujian lebih kecil dari 70, maka kerjakan langkah 5
  • Tampilkan "Remidial" ke layar
  • Selesai 
3. Pengulangan (Repetion)

Salah satu kelebihan komputer adalah kemampuannya untuk mengerjakan pekerjaan yang sama berulang kali tanpa mengenal lelah. Anda tidak perlu menulis instruksi yang sama berulang kali, namun cukup melakukan pengulangan dengan instruksi yang tersedia. Pengulangan merupakan kegiatan mengerjakan sebuah atau sejumlah aksi yang sama sebanyak jumlah yang ditentukan atau sesuai dengan kondisi yang diinginkan. 


Contoh menampilkan huruf tertentu sebanyak n kali ke layar sebagai berikut :

  • Deklarasikan variabel huruf untuk menyimpan karakter yang akan ditampilkan
  • Deklarasikan variabel n untuk menyimpan banyaknya perulangan
  • Deklarasikan counter yang digunakan sebagai counter perulangan yang sudah dilakukan

C. BAGAN ALIR (Flow Chart)

Diagram alir atau Flowchart adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritma, alir kerja atau proses yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Diagram ini digunakan untuk menganalisis, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang.


Terdapat beberapa bentuk diagram alir, dan setiap bentuk diagram alir, dan setiap bentuk memiliki urutn dan peranan masing-masing. Dua bentuk persegi yang paling umum digunakan dalam diagram alir yaitu :

  • Langkah Pemrosesan, yang sering disebut dengan tindakan dan dinotasikan sebagai persegi panjang.
  • Keputusan, biasanya dinotasikan sebagai belah ketupat.
Dibawah ini merupakan simbol-simbol yang digunakan dalam bagan alir 

Contoh Diagram Alir menghitung luas dan keliling suatu lingkaran
 

16 komentar:

  1. Terimakasih pak, sangat membantu untuk proses belajar saya👍

    BalasHapus
  2. Nama : Bachtiar Ramdhan
    NPM : 43E57027195003
    Prodi : Sistem Informasi
    Semester : 2 (Dua)

    BalasHapus
  3. Nama : Nur aulia alamar'atus solehah
    Npm : 43E57027195013
    Prodi : sistem informasi

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas materinya pak🙏

    Nama: Suci Noviyanti
    NPM: 43E57027195019
    Prodi: SI/S1
    Tingkat/Semester: 2

    BalasHapus
  5. Terima kasih pak materinya
    Nama : Amrina Rosida Kaffah
    NPM. : 43E57027195001

    BalasHapus
  6. Terimakasih pak materinya

    Nama : Estri Listiyorini
    NPM : 43E57027195006

    BalasHapus
  7. Nama : Wida Febiyanti
    NPM : 43E57027195020
    Semester 2

    BalasHapus
  8. Terimakasih pak materinya

    Nama : Estri Listiyorini
    NPM : 43E57027195006

    BalasHapus
  9. Terima kasih pak atas materinya.

    Nama : Nasrul Ramadan
    NPM : 43E57027195012

    BalasHapus
  10. Nama : Diviya Sucipto
    Npm : 43E57027195005

    BalasHapus
  11. Terima kasih materi nya pak, alhamdulillah membantu sekali
    Nama :Resti Wilandari
    NPM : 43E57027195015
    Semester 2

    BalasHapus
  12. Terimakasih pa
    Nama : Widi Aprilian
    Npm : 43E57027195021
    Semester 2

    BalasHapus
  13. Nama : Bayu Setiawan
    NPM : 43E57027195004
    Semester : 2

    BalasHapus
  14. Terimakasih atas materi yang telah disampaikan pa🙏
    Nama : Sela Anjani
    NPM : 43e57027195017
    Prodi : SI/2

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, kembali ingat materi tentang Logika & Algoritma, Materinya sangan bagus dan menarik serta mudah di pahami

    BalasHapus
  16. Nama : Irman Lesmana
    NPM : 43E53027195008

    BalasHapus