A. LOGIKA
Logika
identik dengan masuk akal dan penalaran. Adapun penalaran adalah salah satu
bentuk pemikiran. Definisi logika sangat sederhana, yaitu ilmu yang memberikan
prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berpikir logis menurut aturan
yang berlaku. Logika dapat diartikan sebagai ilmu yang mengajarkan cara
berpikir untuk melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu.
Dasar
penalaran dalam logika ada dua, yaitu deduktif dan induktif
1. Penalaran Deduktif
Penalaran
deduktif kadang disebut logika deduktif, adalah penalaran yang membangun atau
mengevaluasi argumen deduktif. Argumen dinyatakan deduktif jika kebenaran dari
kesimpulan ditarik atau merupakan konsekuensi logis dari premis-premisnya.
Argumen deduktif dinyatakan valid atau tidak valid, bukan benar atau salah.
Sebuah argumen deduktif dinyatakan valid jika dan hanya jika kesimpulannya
merupakan konsekuensi logis dari premis-premisnya. Atau bisa dikatakan penarikan
kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus.
Contoh :
1. Setiap Mamalia punya sebuah jantung
2. Semua Kuda adalah mamalia
3. Setiap Kuda punya sebuah jantung
2. Penalaran Induktif
Penalaran
induktif, kadang disebut logika induktif adalah penalaran yang berangkat dari
serangkaian fakta-fakta khusus untuk mencapai kesimpulan umum. Atau bisa
dikatakan penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus
ke umum.
Contoh :
1. Kuda Sumba punya sebuah Jantung
2. Kuda Australia punya sebuah jantung
3. Kuda Amerika punya sebuaa jantung
4. Kuda Inggris punya sebuah Jantung
B. ALGORITMA
Adapun pengertian algoritma sangat lekat dengan kata logika,
yaitu kemampuan seorang manusia untuk berpikir dengan akal tentang suatu
permasalahan menghasilkan sebuah kebenaran, dibuktikan dan dapat diterima akal.
Tujuan algoritma adalah memberikan petunjuk tentang
langkah-langkah logika penyelesaian masalah dalam bentuk yang mudah dipahami
nalar manusia sebagai acuan yang membantu dalam mengembangkan program komputer.
Algoritma
dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu dalam bentuk tulisan/bahasa dan dalam
bentuk gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan haruslah menggunakan
bahasa yang dapat dimengerti manusia dalam menyajikan langkah-langkah
algoritma.
Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan juga dapat
dilakukan menggunakan pseudocode. Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti “mirip atau
menyerupai” dan code yag berarti “kode program”. Contoh bahasa pemrograman yang
digunakan untuk menyatakan pseudocode adalah BASIC, Pascal, C dan lain-lain.
Sedangkan penyajian algoritma dalam bentuk gambar sering disebut flow chart.
Suatu algoritma terdiri atas tiga stuktur dasar, yaitu
runtutan, pemilihan dan pengulangan. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk
konstruksi suatu algoritma.
1. Runtutan (Sequence)
Sebuah runtutan (sequence) terdiri atas satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi
dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yakni sebuah
instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dikerjakan. Urutan
dari instruksi menentukan hasil akhir dari suatu algoritma. Jika urutan
penulisan berubah, mungkin hasil akhirnya berubah.
Contoh runtutan aksi algoritma
penukaran dua bilangan bulat, sebagai berikut :
- Deklarasi A, B dan C sebagai bilangan bulat
- Masukkan nilai A dan B
- Masukkan nilai A ke dalam C
- Masukkan nilai B ke dalam A
- Masukkan nilai C ke dalam B
Pemilihan (selection)
adalah instruksi yang dikerjakan dengan kondisi teretentu. Adapun kondisi
adalah persyaratan yang dapat bernilai benar atau salah. Satu atau beberapa
instruksi hanya dilaksanakan jika kondisi bernilai benar, sebaliknya jika salah
maka instruksi tidak akan dilaksanakan.
Contoh kasus pemilihan yaitu dalam penentuan hasil ujian,
apakah Lulus atau Remidial, dengan asumsi nilai KKM 70.
- Masukkan nilai ujian
- Jika nilai ujian lebih besar dari atau sama dengan 70, maka kerjakan langkah
- Tampilkan "Lulus" ke layar
- Jika nilai ujian lebih kecil dari 70, maka kerjakan langkah 5
- Tampilkan "Remidial" ke layar
- Selesai
Salah satu kelebihan komputer adalah kemampuannya untuk
mengerjakan pekerjaan yang sama berulang kali tanpa mengenal lelah. Anda tidak
perlu menulis instruksi yang sama berulang kali, namun cukup melakukan
pengulangan dengan instruksi yang tersedia. Pengulangan merupakan kegiatan
mengerjakan sebuah atau sejumlah aksi yang sama sebanyak jumlah yang ditentukan
atau sesuai dengan kondisi yang diinginkan.
Contoh menampilkan huruf tertentu sebanyak n kali ke layar sebagai berikut :
- Deklarasikan variabel huruf untuk menyimpan karakter yang akan ditampilkan
- Deklarasikan variabel n untuk menyimpan banyaknya perulangan
- Deklarasikan counter yang digunakan sebagai counter perulangan yang sudah dilakukan
C. BAGAN ALIR (Flow Chart)
Diagram alir atau Flowchart adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritma, alir kerja atau proses yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Diagram ini digunakan untuk menganalisis, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang.
Terdapat beberapa bentuk diagram alir, dan setiap bentuk
diagram alir, dan setiap bentuk memiliki urutn dan peranan masing-masing. Dua
bentuk persegi yang paling umum digunakan dalam diagram alir yaitu :
- Langkah Pemrosesan, yang sering disebut dengan tindakan dan dinotasikan sebagai persegi panjang.
- Keputusan, biasanya dinotasikan sebagai belah ketupat.
Contoh Diagram Alir menghitung luas dan keliling suatu lingkaran
Terimakasih pak, sangat membantu untuk proses belajar saya👍
BalasHapusNama : Bachtiar Ramdhan
BalasHapusNPM : 43E57027195003
Prodi : Sistem Informasi
Semester : 2 (Dua)
Nama : Nur aulia alamar'atus solehah
BalasHapusNpm : 43E57027195013
Prodi : sistem informasi
Terimakasih atas materinya pak🙏
BalasHapusNama: Suci Noviyanti
NPM: 43E57027195019
Prodi: SI/S1
Tingkat/Semester: 2
Terima kasih pak materinya
BalasHapusNama : Amrina Rosida Kaffah
NPM. : 43E57027195001
Terimakasih pak materinya
BalasHapusNama : Estri Listiyorini
NPM : 43E57027195006
Nama : Wida Febiyanti
BalasHapusNPM : 43E57027195020
Semester 2
Terimakasih pak materinya
BalasHapusNama : Estri Listiyorini
NPM : 43E57027195006
Terima kasih pak atas materinya.
BalasHapusNama : Nasrul Ramadan
NPM : 43E57027195012
Nama : Diviya Sucipto
BalasHapusNpm : 43E57027195005
Terima kasih materi nya pak, alhamdulillah membantu sekali
BalasHapusNama :Resti Wilandari
NPM : 43E57027195015
Semester 2
Terimakasih pa
BalasHapusNama : Widi Aprilian
Npm : 43E57027195021
Semester 2
Nama : Bayu Setiawan
BalasHapusNPM : 43E57027195004
Semester : 2
Terimakasih atas materi yang telah disampaikan pa🙏
BalasHapusNama : Sela Anjani
NPM : 43e57027195017
Prodi : SI/2
Alhamdulillah, kembali ingat materi tentang Logika & Algoritma, Materinya sangan bagus dan menarik serta mudah di pahami
BalasHapusNama : Irman Lesmana
BalasHapusNPM : 43E53027195008